Cara Mudah Edit File PDF

– Anda tentu sudah sering menemukan file dengan ekstensi *.pdf(baca: cara membuka berbagai jenis ekstensi file). baik itu dokumen, proposal, ebook, atau data lainnya dalam bentuk format atau ekstensi *.pdf. PDF(Portable Document Format) merupakan sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Berkas PDF dapat dibuat secara spesifik dengan membatasi(encrypt) akses oleh pengguna. Format berkas PDF dapat dilengkapi dengan label(tag) XML, teks ekuivalen, perbesaran visual teks(magnifier), penambahan fasilitas audio, dan sebagainya. Beberapa aplikasi kreator PDF seperti Adobe InDesign dapat secara otomatis membuat berkas PDF berlabel.

Anda tidak dapat langsung mengedit(menghapus dan menambahkan text atau objek) dokumen PDF begitu saja, tanpa bantuan aplikasi PDF Editor. kebanyakan dari kita akan berfikir untuk memindahkan terlebih dahulu isi dari file dokumen pdf tersebut dengan cara mengconvert ke bentuk yang lain seperti doc(ms.word) kemudian mengeditnya, sayang hasil convert dokumen kadang berantakan dan kurang tepat sehingga ketika anda akan mencetak perlu untuk mengatur kembali.

Cara Mudah Edit File PDF
Properties Security Berkas PDF

Sebelum mulai mengedit dokumen anda, pastikan bahwa dokumen tersebut tidak di encrypt pada akses untuk mengedit. Jika sebuah file PDF sudah di encrypt atau di proteksi, maka akses anda sebagai pengguna akan dibatasi. misalnya saja terdapat password, tidak bisa diedit, tidak bisa di print. Bila file PDF yang hendak anda edit telah terEncrypt, maka sebelum anda bisa mengedit dukumen tersebut terlebih dahulu anda harus melalukan Decrypter dengan menggunakan tools yang dibuat untuk fungsi tersebut. Menghapus proteksi pada file PDF tersebut sehingga anda memperoleh akses full pada dokumen itu.

Saya anggap dokumen pdf anda tidak terproteksi atau anda sudah menghapus batas akses dokumen tersebut. Untuk mengedit saya contohkan menggunakan aplikasi Nitro pro, silahkan anda jalankan aplikasi tersebut kemudian buka dokumen pdf yang ingin anda edit, dengan cara pilih menu file kemudian open. cari lokasi dokumen pdf anda dan klik open. Setelah terbuka tekan Ctrl+E pada keyboard anda, cursor hand akan berganti dengan cursor edit. Kemudian klik satu kali pada kalimat atau paragraf yang ingin anda edit, akan tampil text box pada paragraf tersebut seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Edit File PDF

Klik dua kali pada area text box tersebut untuk mulai mengedit. lihat tampilan text boxnya akan seperti gambar dibawah ini(warna biru).  lakukan langkah yang sama pada setiap kalimat paragraf atau objek yang ingin anda edit.

Cara Mudah Mengedit File PDF

 

Cara Mudah Mengedit File PDF

 

Cara Mudah Mengedit File PDF

Setelah selesai tekan Ctrl+S untuk menyimpan hasil perubahan anda. tidak hanya dengan menggunakan nitro pdf anda dapat mengedit berkas pdf, tetapi juga beberapa aplikasi lainnya yang memiliki fungsi editor pdf seperti Foxit PDF Editor atau yang lain. Nah demikian cara mudah mengedit dokumen PDF tanpa harus mengconvert terlebih dahulu.

Posted on July 3, 2013, in Teknologi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: