Plantae/Tumbuhan

Pernahkah anda melihat helaian benang-benang yg berwarna hijau di kolam air tawar atau empang atau di sawah ? Orang kebanyakan menyebut benda tsb sebagai lumut. Benar kah ?

untuk menyakinkan jawaban anda, pelajari dg seksama uraian berikut ini ! Yuuk..,
Lumut merupakan sebutan umum di negeri Indonesia bagi divisi bryophyta. Apa ciri-ciri tumbuhan lumut ?
Ciri-ciri lumut ,al :
1. Hidup di darat, terutama tempat lembab ( menempel di batang pohon, di tembok pagar rumah dll ).
2. Berwarna hijau
3. Mempunyai bagian tubuh mirip dg daun, batang dan akar ( lebih sering disebut rizhoid ).
4. Tidak memiliki jaringan pembuluh pengangkut ( xylem dan floem tidak ada ).
Bagaimana lumut berkembangbiak ?
Dalam masa hidupnya ,lumut mengalami pergiliran generasi (metagenesis), yaitu generasi sporofit ( menghasilkan spora ) dan generasi gametophyt ( menghasilkan sel kelamin/gamet ).

Perhatikan skema metagenesis Lumut berikut !
—>Lumut dewasa –>antheridium (menghasilkan spermatozoid ) dan Archegonium (menghasilkan ovum) –>sperma +ovum melebur –>zigot–>sporogonium –> spora–>protonema –>tumbuhan lumut muda ( setelah dewasa, akan menjadi gametofit. Dan seterusnya.

Klasifikasi.
Beberapa pakar botani, mengelompokkan tumbuhan menjadi 3 kelompok, yaitu :
a. Lumut hati ( hepaticopsida), dg ciri utama : biasanya tumbuh mendatar di atas permukaan tanah, struktur daun dan batang menyatu,selalu bercabang dua (dikotomi) akar berupa rhizoid. Contoh : Marchantia
b. Lumut tanduk, dg ciri khas : tumbuh mendatar, tangkai spora berdiri tegak, kotak spora bentuknya spt tanduk. Contoh: Anthoceros sporophyter.
c. Lumut sejati /musci/lumut daun ( bryopsida ),dg ciri tumbuh tegak spt pohon, daun tersusun secara melingkar/spiral
contoh : Polytrichum commune, Sphagnum fimbriatum, S. squarrosum.

Bagaimana tumbuhan lumut berkembang biak ?
Ada 2 cara perkembangbiakan lumut, yaitu :
i. Seksual / generatif, melalui peleburan spermatozoid dg ovum membentuk zigot.
– berdasarkan letak antheridium dan arkegoniumnya, dikenal ada lumut berumah satu , ada lumut berumah dua.
ii. Aseksual / vegetatif, dilakukan dg : pembentukan kuncup (gemma), fragmentasi.

Bagaimana peranan lumut dalam kehidupan?
Secara umum lumut memiliki peran positip sbg vegetasi perintis, mencegah erosi, menyerap dan menahan air hujan, sbg bahan bakar, bahan pengganti kapas ( spt Sphagnum ), dan obat hepatitis atau radang hati.
Pada sisi lain, keberadaan lumut bisa mengganggu manusia misalnya lumut yg menempel pada dinding tembok rumah / pagar / batu candi dpt menyebabkan pelapukan .

Ciri-ciri dan klasifikasi Divisi Pteridophyta

PTERIDOPHYTA
( TUMBUHAN PAKU )
Tumbuhan paku  secara structural memiliki akar, batang dan daun sejati  dengan berkas pembuluh pembuluh pengangkut (  xylem dan floem ). Merupakan tumbuhan berpembuluh yang tidak menghasilkan biji tetapi menghasilkan spora. Sebagian besar daun mudanya menggulung. Mempunyai daun khusus penghasil spora ( sporofil ). Generasi sporofit berupa tumbuhan paku yang lebih dominant hidup. Ada juga daun yang berukuran besar ( makrofil ) ada daun yang berukuran kecil ( mikrofil ) dan ada daun yang secara khusus berfungsi untuk melakukan fotosintesis ( tropofil ). Tempat hidupnya ada yang di air, tetapi sebagaian besar menempati habitat darat ( terrestrial ).
Seperti halnya tumbuhan Lumut. Tumbuhan paku juga mengalami metagenesis / pergiliran keturunan dari generasi sporofit ( berupa tumbuhan paku ) ke generasi gametofit ( berupa protalium ).
Reproduksi seksual ( vegetatif ) dimulai ketika protalium membentuk alat kelamin berupa antheridium dan arkegonium. Anteridium menghasilkan sperma sedang arkegonium membentuk ovum. Peleburan keduanya membentuk  zigot ( 2n ). Zigot tumbuh menjadi tumbuhan paku.
Tumbuhan paku yang sudah dewasa akan melakukan reproduksi aseksual / vegetatif membentuk sporofit ( 2n ) yang menghasilkan spora ( n ). Spora dibentuk pada bagian daun yang khusus menghasilkan spora. Bila spora jatuh di tempat yang sesuai maka akan tumbuh  menjadi protalium. Protalium akan membentuk alat kelamin, dstnya.
Berdasarkan spora yang dihasilkan Tumbuhan paku dibedakan
 menjadi  :
  1. Paku Homospor / Isospor ; dengan bentuk spora dan jenis spora yang sama. Contoh : paku kawat ( Lycopodium ), paku darat ( Filicinae )
  2. Paku Heterospor : dengan bentuk dan jenis spora yang berbeda. Ada makrospora dan mikrospora. Contoh : Semanggi ( Marsilea crenata ), Selaginella sp.
  3. Paku Peralihan : dengan bentuk spora sama, tetapi jenis spora berbeda. Contoh : paku ekor kuda ( Equisentum debile ).
Manfaat  tumbuhan paku dari jaman dulu sudah dikenal oleh manusia. Beberapa manfaat tumbuhan paku tersebut antara lain :
  1. sebagai bahan obat-obatan, seperti : Lycopodium clavatum,  Dryopteris filixmas
  2. sebagai tanaman hias, sepertti : Asplenium nidus ( paku sarang burung ), paku suplir ( Adiantum cuneatum ), paku rane ( Selaginella ),
  3. sebagai sayuran, seperti : Marsilea crenata ( semanggi  ), Alsophilla glauca ( paku tiang ).
  4. sebagai pupuk hijau : seperti : Azolla piñata ( paku air )

secara umum , keberadaan tumbuhan paku di muka bumi turut serta menjaga kelangsungan hidup di bumi dengan kemampuannya melakukan fotosintesis, membantu siklus oksigen dan karbon. Juga tumbuhan paku purba ( yang sudah punah ) diduga menjadi bahan baku terbentuknya batu bara yang saat ini dieksploitasi manusia.

Divisi SPERMATOPHYTA

Divisi spermatophyta atau tumbuhan berbiji. Disebut demikian karena kelompok tumbuhan ini menghasilkan BIJI sebagai calon turunannya. Tumbuhan ini juga mempunyai beberapa nama lain / alias. Misalnya : Anthophyta, karena membentuk bunga sbg organ reproduksi generatif. Juga disebut Phanerogamae, karena biji terbentuk dr peleburan sel kelamin ( spermatozoid dan ovum ). Juga disebut Embriyophyta Siphonogama, sebab embrio terbentuk setelah ovum dibuahi oleh sperma yg masuk ke dalam ruang bakal biji dg cara membentuk pembuluh ( buluh serbuksari ).
Lalu ciri-ciri apa yg membedakan tumbuhan ini dg tumbuhan lainnya ?.

 

 

Ciri utama divisi spermatophyta :
  • Menghasilkan biji
  • Membentuk organ bunga
  • Memiliki daun,akar, batang yg dilengkapi dg pembuluh xilem dan floem.
Klasifikasi spermatophyta :
Spermatophyta dikelompokkan menjadi 2 sub divisi, yaitu :
1. Gymnospermae ( tumbuhan berbiji terbuka ).
Ciri utama : 
  • biji tdk dilindungi daun buah
  • tdk memiliki bunga yg sesungguhnya. Bunga lebih tepat disebut strobillus karena hanya terdiri atas organ kelamin jantan atau organ kelamin betina tanpa ada mahkota bunga/perhiasan bunga/corolla.
  • biji terbentuk melalui peleburan sperma dan ovum ( disebut pembuahan tunggal )
  • batang berkambium
  • pertulangan daun menyirip
  • sistem perakaran tunggang
2. Angiospermae ( tumbuhan berbiji tertutup )
     Ciri utama : 
  • biji  dilindungi daun buah
  • memiliki bunga yg sesungguhnya. Bunga  terdiri atas organ kelamin jantan ( stamen ) dan organ kelamin betina ( putik ) ,  ada mahkota bunga/perhiasan bunga/corolla. Beberapa lainnya memiliki kelopak/daun kelopak.
  • biji terbentuk melalui peleburan sperma I  dan ovum dan sperma II dg inti kandung lembaga sekunder ( disebut pembuahan ganda )
  • batang berkambium ada juga yang tidak
  • pertulangan daun menyirip, menjari , ada yang lurus atau sejajar
  • sistem perakaran tunggang ada juga yang serabut

 

Tumbuhan Berbiji atau Spermatophyta merupakan kelompok tumbuhan yang menghasilkan biji  sebagai alat perkembangbiakan. Biji terbentuk melalui proses pembuahan ( fertilisasi ) yang diawali dengan proses penyerbukan ( persarian ).Kedua proses tersebut bisa terjadi lantaran mereka memiliki bunga, sehingga tumbuhan berbiji juga disebut sebagai tumbuhan berbunga ( Anthophyta )
Tumbuhan berbiji merupakan Kormophyta sejati karena tubuhnya tersusun atas bagian akar, batang, daun sejati yang dilengkapi dengan jaringan pembuluh pengangkut xilem dan floem untuk mengangkut air, mineral, makanan dan bahan-bahan lainnya.
Tumbuhan berbiji dapat melakukan reproduksi baik secara seksual ( generatif ) maupun aseksual ( vegetatif ).
Reproduksi generatif diawali dengan penyerbukan ( persarian ) yaitu sampainya serbuk sari ke tempat tujuannya ( kepala sari pada tumbuhan berbiji tertutup atau tetes penyerbukan pada tumbuhan berbiji terbuka ).Setelah terjadi penyerbukan, akan dilanjutkan dengan proses pembuahan ( fertilisasi ) yaitu peleburan sel sperma dengan sel telur membentuk zigot yang kemudian berkembang menjadi embrio ( calon tumbuhan baru ). Atas dasar inilah, tumbuhan berbiji disebut juga dengan nama embryophyta siphonogama ( : tumbuhan yang memiliki embrio dan perkawinannya melalui suatu pembuluh. Embrio bersifat bipolar / dwipolar yaitu salah satu kutub tubuh membentuk batang  dan daun  sedangkan kutub lainnya membentuk perakaran.
Dalam klasifikasi, tumbuhan berbiji dikelompokkan menjadi dua divisi, yaitu : divisi Gymnospermae ( tumbuhan berbiji terbuka ) dan divisi Angiospermae ( tumbuhan berbiji tertutup ).

Peranan Tumbuhan bagi Kelangsungan Hidup di Bumi

Dalam klasifikasi, tumbuhan merupakan kingdom / regnum tersendiri yang dinamakan kingdom / regnum Plantae ( Kerajaan tumbuhan ).
Dalam beberapa klasifikasi, secara umum terdiri atas beberapa divisi yaitu : divisi Bryophyta ( tumbuhan lumut ), divisi Pteridophyta ( tumbuhan Paku ), divisi Angiospermae ( tumbuhan berbiji tertutup ) dan divisi Gymnospermae ( tumbuhan berbiji terbuka ).
Dalam kehidupan sehari-hari, telah nyata kita rasakan bahwa tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan di bumi. Dari sekian banyak peran yang dimainkan oleh tumbuhan, hampir sebagian besar memberikan peranan positip karena berbagai manfaat yang diberikan / yang bisa di dapatkan dari keberadaan tumbuhan.
Beberapa peran penting yang diberikan oleh tumbuhan bagi kehidupan di bumi antara lain :
  • Sebagai Produsen dalam ekosistem. Kemampuan fotosintesis yang dimiliki oleh tumbuhan menjadikan mereka bisa menyediakan sumber makanan untuk kehidupan mereka sendiri, dan beberapa senyawa lainnya disimpan sebagai cadangan makanan dalam bentuk amilum / pati yang dimanfaatkan oleh mahkluk hidup ( terutama konsumen primer ) sebagai sumber makanan.Sehingga dapat dikatakan tumbuhan menjadi sumber kehidupan utama bagi mahkluk hidup lainnya, karena energi yang berasal darinya akan ditransfer kepada mahkluk hidup lainnya melalui rantai makanan dan jaring-jaring makanan.
  • Mengendalikan siklus / daur biogeokimia. Kemampuan fotosintesis tumbuhan juga menjadi “jaminan” berlangsungnya daur beberapa senyawa kimia di bumi. CO2 yang merupakan zat “tak berguna” bagi mahkluk hidup lain oleh tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan pembentukan senyawa organik termasuk juga dihasilkannya O2 yang merupakan senyawa penting bagi mahkluk hidup lainnya.
  • sebagai agen pelapukan batuan. Tumbuhan lumut merupakan vegetasi perintis yang mampu merubah struktur batuan ataupun karang menjadi tanah yang subur.
  • Mencegah terjadinya banjir, tanah longsor dan penyedia cadangan air tanah. Akar tumbuhan yang menembus sampai ke dalam tanah, tajuk-daun yang lebat pada tumbuhan mampu menahan derasnya aliran air di permukaan menyerap dan menahan air ketika terjadi hujan.
  • memberikan manfaat lain kepada manusia. Keberadaan tumbuhan di bumi juga menjadi berkah tersendiri bagi manusia. Dengan kemampuan berpikirnya, tumbuhan bisa menjadi “sesuatu” yang bernilai lebih bagi manusia. Beberapa nilai dan manfaat yang bisa diambil oleh manusia dari tumbuhan antara lain :
  1. Nilai konsumtif . yang meliputi semua manfaat yang bisa diambil oleh manusia untuk dikonsumsi secara langsung , seperti : sumber bahan pangan, bahan bakar ( kayu bakar ), bahan bangunan.
  2. nilai produktif , yang meliputi semua manfaat yang bisa diambil oleh manusia untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku industri atau produksi. Misalnya : sebagai bahan baku industri mebel, bahan baku industri obat, bahan baku industri makanan dll.
  3. Nilai non produktif, meliputi semua manfaat yang bisa diambil oaleh manusia untuk kepentingan-kepentingan lain di luar konsumsi dan produksi. Seperti : sebagai sumber plasma nutfah, penjaga keseimbangan ekosistem, bahan penelitian, hobby, rekreasi dll.

Posted on May 7, 2013, in Pendidikan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: