Cara bermain, Membuat Akun, Keistimewaan, & Istilah di “Twitter”

twitter

Twitter adalah salah satu jejaring sosial terpopuler selain facebook, youtube, google +, pinterest, myspace dan lain-lain yang ada di internet. Banyak artis-artis papan atas atau tokoh-tokoh masyarakat lainnya yang lebih memilih untuk bermain di twitter dibandingkan bermain di jejaring sosial lainnya, sehingga para fans (penggemar-penggemar) mereka juga ikut-ikutan bermain twitter yang alasan utamanya supaya mereka tau kabar berita dari idola-idolanya itu. Twitter sebenarnya adalah social media yang khususnya untuk kegiatan microblogging yaitu ngeblog secara singkat (satu paragraf = 140 karakter) melalui tweets dari penggunanya.

Daftar isi pembahasan:

  1. Keistimewaan di Twitter
  2. Cara membuat akun twitter
  3. Cara Bermain Twitter
  4. Istilah-Istilah Dalam Twitter

1. Keistimewaan di Twitter

Ada banyak alasan mengapa seseorang lebih memilih bermain twitter dibandingkan dengan Jejaring Sosial lainnya. Namun berikut adalah pendapat Saya pribadi tentang keistimewaan yang ada pada twitter sehingga mereka-mereka orang lebih memilih bermain twitter.

  • Di Twitter jumlah Followers tidak terbatas

Di twitter disebut Followers atau kalau di facebook bisa disebut teman. Di setiap akun Facebook kita hanya boleh (Maksimal) berteman hingga 5000 orang saja, setelah teman mencapai 5000 maka kita tidak bisa berteman lagi, berbeda dengan jumlah followers di twitter yang jumlahnya tidak terbatas. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa artis-artis papan atas lebih memilih bermain twitter daripada bermain facebook. Namun meskipun teman di Facebook dibatasi, facebook sebenarnya sudah memisahkan dimana kita bisa berteman dan dimana kita bisa menjaring penggemar kita, yaitu melalui pembuatan fans page facebook yang juga jumlah pengikutnya bisa tidak terbatas, pengikut atau penggemar di facebook ini hanya perlu menyukai “Like” fan page idolanya untuk mengikuti kabar berita dari idola-idolanya itu melalui status-status mereka.

  • Kicauan di Twitter terasa makin lebih dekat

Meskipun Tweet (kicauan) di twitter dibatasi hanya sampai 140 karakter saja, akan tetapi itulah yang membuat mereka hanya fokus untuk menulis inti dari yang ingin disampaikannya saja. Jika dibandingkan status di facebook, tweets di twitter lebih seperti orang ngobrol dengan cara menggunakan mention at (@) untuk memanggil nama yang ingin di ajaknya ngobrol. Lalu jika kita balas (reply) obrolan / percakapan tersebut maka secara bersamaan kita juga sedang membuat tweet baru. Jadi kalau kita bandingkan antara melihat beranda di facebook dengan melihat beranda di twitter maka beranda di twitter akan lebih seperti melihat para following (user yang kita ikuti) sedang mengobrol. Maka dari itu apa yang sedang dibicarakan idola kamu atau apa yang ingin kamu bagikan kepada penggemar – penggemar kamu akan terlihat lebih jelas dan lebih dekat kalau melalui twitter.

  • Untuk meningkatkan trafik kunjungan situs atau mempromosikan sebuah produk/jasa

Jujur saja sebenarnya saya sangat jarang membuka akun twitter saya, alasannya karena rumah saya di internet yang utama adalah blog pribadi, salah satunya blog ini. Bagi para blogger dan webmaster seperti saya ini, media sosial seperti twitter, facebook, youtube, google +, pinterest, lintasme, dll hanyalah untuk sebuah penanda (bookmark) saja, atau hanya untuk pintu masuk pengunjung menuju ke situs saya. Jadi untuk log in ke akun-akun media sosial saya yang lainnya hanya untuk membagikan artikel-artikel saya saja. Tapi saya juga manusia yang kadang juga seperti user-user lainnya yang update-update status atau kicauan-kicauan yang gak jelas :mrgreen: .. Kalau bisa untuk meningkatkan trafik kunjungan situs web, berarti sudah pasti bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah produk / jasa, bahkan banyak yang bilang kalau berpromosi di twitter gak kalah efektif daripada facebook.

  • Twitter lebih aman dari serangan Hacker

Twitter adalah salah satu social media yang menurut saya paling jarang mendengar penggunanya bahwa akunnya telah di hack oleh hacker. Hacker adalah salah satu penjahat di dunia maya yang sangat berbahaya. Seorang Hacker profesional biasanya akan menjual jasanya untuk menghack akun social media orang lain dengan cara membobol username/password si pemilik akun, mereka biasanya dibayar demi kepentingan pribadi para kliennya, misalnya sakit hati dan ingin merusak reputasi si pemilik akun. Sebenarnya di akun social media atau di akun diluar social media mana pun, dan siapa pun bisa saja terkena serangan para hacker. Di facebook sepertinya nama hacker sudah tidak asing makanya banyak orang beranggapan bahwa facebook rawan serangan hacker. Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu percaya dengan hal tersebut, Yang saya percaya adalah bahwa setiap pemilik social media pastilah sudah meningkatkan keamanan untuk akun penggunanya, semakin besar social media itu pastilah mereka juga lebih meningkatkan keamanannya. Namun hingga saat ini hanya di twitter yang saya perhatikan masih aman-aman saja, tidak ada kicauan atau keluh kesah penggunanya tentang hacking. Yang terpenting untuk selalu diingat oleh kita semua agar terhindar dari serangan hacker adalah dengan membuat password yang rumit yang sulit diingat. Dan yang gak kalah penting adalah jangan pernah membuat sakit hati orang lain, ingat ada sebab pasti ada akibatnya!..

  • Biar tidak dianggap ketinggalan jaman

Jaman sekarang gak punya twitter???? apa kata dunia???? 8O .. itulah alasan sebagian besar orang membuat akun twitter, saya sendiri kadang menyindir begitu ke temen saya yang gak punya twiiter :mrgreen: … Tapi buat bercandaan saja. Namun kadang ada saja orang yang ngerasa emang minder kalau belum punya akun twitter, yah seengganya gak malu lah kalau ditanya tentang akun twitter :oops: .

2. Cara membuat akun twitter

  • Untuk cara membuat akun twitter sangatlah gampang, sama seperti cara membuat akun sosial media lainnya, dan yang perlu kamu siapkan terlebih dulu adalah seperti biasanya yaitu alamat email kamu, yang nantinya alamat email kamu ini bisa gunakan untuk mendaftar dan juga untuk masuk (log in) ke akun twitter kamu. Kamu bisa gunakan email pribadi atau kalau kamu belum punya akun email, silakan buat dulu. Kalau mau buat email di yahoo, silakan Klik Disini [..] . Tapi kalau kamu mau membuat email di Google Mail (Gmail) silakan Klik Disini [..]. Silakan isi semua data yang diminta dan jangan lupa untuk selalu mengingat username dan password email kamu ini.
  • Step selanjutnya langsung saja kunjungi https://twitter.com/signup. Silakan isi semua data dengan benar, jika ada tanda centang berwarna hijau itu berarti data yang diminta sudah benar. Setelah semua data yang diminta sudah diisi dengan benar, lanjutkan dengan klik “Create My Account”.

daftar akun twitter

  • Setelah klik klik “Create My Account” maka secara otomatis ada notifikasi yang akan terkirim ke alamat email yang kamu daftarkan. Silakan cek inbox pada email yang kamu daftarkan selanjutnya klik tautan aktivasi yang diperintahkan.

aktivasi daftar akun twitter

  • Jika tautan untuk mengaktivasikan akun twitter kamu sudah di klik, itu berarti sepenuhnya proses membuat akun twitter sudah selesai, dan berarti akun twitter kamu sudah bisa langsung di gunakan untuk bermain. Silakan cari following baru untuk memulai bermain twitter, atau silakan follow twitter saya dulu nanti saya follback :mrgreen: ..

3. Cara Bermain Twitter

Bagi kamu yang baru ingin bermain twitter, mungkin ada beberapa pertanyaan “ini untuk apa? dan itu kegunaannya untuk apa?” berikut adalah menu-menu dan fungsi-fungsinya yang biasa orang-orang bingungkan:

Cara Bermain Twitter

  • Home / Beranda : adalah menu yang terletak di bagian pojok kiri paling atas, menu ini adalah untuk menuju ke halaman utama/depan twitter, kalau kamu sedang dalam keadaan log in maka di halaman utama ini akan muncul kicauan-kicauan (Tweet) dari following-following kamu (Orang-orang yang kamu ikuti). Dan sebaliknya, di halaman utama followers kamu (orang yang mengikuti kamu) juga akan muncul kicauan-kicauan kamu.
  • Connect / Hubungkan : adalah menu yang letaknya disebelah kanan menu Home / Beranda. Menu ini berfungsi untuk melihat pemberitahuan masuk tentang kamu, misalnya pemberitahuan tentang followers baru kamu, atau pemberitahuan jika ada yang memanggil (Mention) nama kamu dengan tanda @ (percakapan), dan dari menu ini juga kamu bisa langsung membalas (Reply) percakapan yang memuat mention kamu itu. Setelah reply maka otomatis kamu juga sedang membuat tweet baru yang nantinya tweet hasil dari reply ini akan terkirim ke beranda followers kamu.
  • #Discover / # Temukan : adalah menu yang letaknya disebelah kanan menu Connect / Hubungkan. Di Menu ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan informasi-informasi atau hiburan-hiburan yang berguna, serta juga ada tweet yang berhubungan dengan informasi-informasi tersebut.
  • Me / Saya : adalah menu yang letaknya disebelah kanan menu #Discover / #Temukan. Menu ini jika di klik akan menuju ke profil kamu.
  • Form Search: Letaknya di bagian atas sebeleh gambar gir. Form ini sering digunakan untuk mencari user lain dengan tanda at (@) (@username). Form search sebenarnya bisa dipakai untuk mencari apa pun yang tercatat pada tweet – tweet pengguna. Misalnya kalau kamu ingin mencari informasi sepak bola, tinggal masukkan kata kunci “sepak bola” pada  form search ini.
  • Pengaturan (Gambar Gir): adalah menu yang letaknya di bagian pojok kanan atas. Menu ini adalah untuk pengaturan, seperti untuk edit profil, direct messages / pesan langsung (untuk melihat pesan dan menulis pesan langsung), list / Daftar (Untuk melihat / membuat daftar grup) , help / bantuan (untuk melihat bantuan jika ada kesulitan), keyboard shortcuts /pintasan ketik (untuk melihat daftar jalan pintas dari keyboad kamu, misalnya kamu ingin membuat tweet baru, kamu bisa ketik huruf “N” Pada keyboard kamu) , settings / pengaturan (Untuk pengaturan akun), sign out (Keluar).
  • Buat Tweet baru (Gambar bulu dan kertas) : adalah menu yang letaknya paling pojok kanan atas atau di sebelah kanan menu bergambar gir. Menu ini adalah untuk membuat tweet baru.

Sebenarnya masih banyak menu-menu pada twitter, akan tetapi saya lebih menyarankan agar kamu langsung praktek saja. Sama persis seperti belajar naik motor. Kita tidak perlu mengerti secara rinci dari tiap-tiap bagian motor itu, kita hanya perlu mengerti bagaimana cara menjalankan motor itu saja, selanjutnya kalau semakin sering praktek maka nanti akan kamu juga akan tau sendiri kalau “ini untuk apa dan itu untuk apa?”.

4. Istilah-Istilah Dalam Twitter

Bagi yang baru terjun ke dunia twitter, mungkin ada beberapa Istilah-istilah yang sering dilihat atau di dengar namun tidak tau apa maknanya, dan berikut adalah istilah-istilah juga maknanya yang biasa kita temui dari twitter:

  • Followers / Pengikut : Orang yang mengikuti kita.
  • Following / Mengikuti : Orang yang kita ikuti.
  • Unfollow : Untuk berhenti mengikuti followes kamu.
  • Tweet : Jika di facebook adalah status, atau sebagian orang sering menyebutnya “kicauan / berkicau” yang jumlah karakternya maksimal 140.
  • Mention / disebutkan : tweet yang kita kirim ke user lain dengan memasukkan kode at (@.) contoh: @budi apa kabarnya?.
  • RT / Retweet : Mentweet ulang suatu tweet.
  • Hashtag (#) : Kalau di website disebut tags, yaitu Tema utama dari tweet kita dalam bentuk kata kunci – kata kunci / keywords (Tag) tanpa spasi yang diawali tanda pagar (#), misalnya kita membuat tweet baru seputar gadget, maka bisa kita tambahkan hashtag #Gadgets di akhir tweet kita tersebut. Tentunya dengan adanya hashtag menjadi mempermudah kita untu mencari tema tweet tertentu. Misalnya kita ingin mencari tweet dengan tema seputar sepak bola, pada form search di twitter, kita bisa memasukkan kata kunci #sepakbola.
  • Reply / Balas : Membalas percakapan dalam suatu tweet.
  • Favorite / Kesukaan : Tweet yang kita simpan.
  • Misstweet : kesalahan mengirim tweet ke user lain.
  • Tweeple : Pengguna twitter
  • Tweeps : panggilan dari kita untuk menyatakan kepada seluruh followers, misalnya “Hai tweeps,, gimana kbrnya?”. Sebenarnya istilah Tweeps juga sering digunakan pada jejaring sosial lainnya.
  • Handle : adalah nama twitter kita, misalnya handle saya adalah @Seo_Andi
  • Twiss : Di twitter jika ada sikap seseorang yang tidak menghormati Tweeple maka disebut Twiss.

http://andiseo.com/cara-bermain-membuat-akun-keistimewaan-istilah-istilah-di-twitter/

Posted on May 7, 2013, in Twitter. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: