Fakta tentang Facebook

Facebook masih menjadi jejaring sosial terbesar di dunia dengan lebih 1,06 miliar pengguna yang mampir setiap bulannya. Bukan jumlah akun yang terdaftar, melainkan jumlah orang yang lalu-lalang mengecek profil Facebook mereka, setidaknya sekali dalam satu bulan.

Pencapaian yang fantastis. Namun, di beberapa negara maju, terutama negara yang menggunakan Bahasa Inggris sehari-hari, Facebook telah mencapai titik jenuh.

Indikatornya terlihat dari data bahwa 82 persen pengguna aktif bulanan Facebook berasal dari luar negara Amerika Serikat dan Kanada. Dan, pertumbuhan Facebook diramalkan akan datang dari negara-negara berkembang, terutama negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris.

 
Facebook dan perusahaan mobile
Pertumbuhan ponsel pintar memiliki dampak yang signifikan bagi Facebook. Hal ini mendesak jejaring sosial gagasan Mark Zuckerberg itu mengakuisisi Instagram dengan harga US$1 miliar, setara Rp9,6 triliun.

Baru-baru ini, Mark mengumumkan bahwa Facebook telah mengantongi keuntungan penuh pada akhir tahun lalu. Ini menunjukkan betapa pentingnya perangkat mobile di masa depan.

“Di tahun 2012, kami terhubung dengan lebih dari satu milyar orang dan menjadi sebuah perusahaan mobile,” kata Mark, seperti dikutip Jeffbullas, 12 Februari 2013.

Hal itu yang menyebabkan Facebook fokus pada pengembangan ‘Facebook for Android 2.0’. Aplikasi ini dibangun untuk memberikan stabilitas dan performa yang lebih cepat kala membuka Facebook Messenger yang terhubung dengan nomor telepon.

Tak lama berselang, Facebook 2.1 meluncur dengan fitur baru: bisa mengirimkan pesan suara.

Selain itu, kesuksesan Facebook dari perangkat mobile juga nampak dari angka terbaru pendapatan iklan Facebook di perangkat mobile, yang ditaksir menyumbang 23 persen untuk total pendapatan, atau naik 14 persen dibandingkan tahun lalu.

Bisa dikatakan, Facebook mengalami pertumbuhan pendapatan karena perangkat ponsel.

Kemajuan signifikan
Saat ini, Facebook membuat pembaruan dengan membuat fitur tambahan, yaitu sistem pencarian dan sosial Graph Search atau grafik pencari versi beta.

Fitur ini berfungsi sebagai alat pencari yang memungkinkan pengguna menemukan orang, tempat, foto dan konten lainnya, yang telah ada di dalam Facebook.

Fitur terbaru dari Facebook ini akan berbenturan dengan platform yang dimiliki oleh Google, yaitu Google+. Namun, fitur terbaru Graph Search akan membuat pencarian yang lebih relevan bagi pengguna jejaring sosial.

Kemajuan dari perangkat mobile dan fitur tambahan Graph Search telah membuat evolusi yang signifikan pada situs jejaring sosial Facebook.

Berikut 10 fakta dan angka-angka terbaru Facebook, sampai pada triwulan terakhir tahun 2012:

1. Pengguna aktif bulanan telah mencapai 1,06 miliar. Meningkat 25 persen dari tahun 2011.

2. Pengguna aktif harian telah mencapai 618 juta orang. Meningkat 28 persen dari tahun 2011.

3. Pengguna aktif bulanan pada perangkat mobile mencapai 680 juta orang. Meningkat 57 persen dari tahun ke tahun.

4. Pengguna aktif harian pada melalui perangkat mobile untuk pertama kalinya melampaui jumlah pengguna pada versi Web.

5. Pendapatan iklan Facebook di perangkat mobile naik sekitar 23 persen pada kuartal keempat tahun 2012, sementara pada kuartal ketiga tahun 2012 hanya 14 persen.

6. Pendapatan Facebook mencapai US$1.58 miliar, setara Rp15,1 triliun, meningkat tajam 40 persen dari kuartal keempat tahun 2011, yang hanya sebesar US$1.13 miliar, setara Rp10,8 triliun.

7. Pendapatan dari iklan sendiri menembus US$1,33 miliar, setara Rp12,7 triliun, mewakili 84 persen total pendapatan. Meningkat 41 persen dari kuartal yang sama tahun lalu.

8. Beban pembayaran dan pendapatan mencapai US$256 juta, sekitar Rp2,4 triliun.

9. SongPop menjadi game terfavorit sepanjang tahun 2012, disusul Dragon City di urutan kedua dan Bike Race di tempat ketiga. Kemanakah Zynga Poker?

10. Jumlah karyawan Facebook mencapai 4.619 orang.

Sumber : viva.co.id

Posted on April 23, 2013, in Facebook. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: