Mengenal lebih jauh lagi tentang LINUX dan UNIX

Dalam suatu sistem operasi ada yang dinamakan dengan komputer. Komputer adalah alat yang berguna dalam menyelesaikan suatu masalah. Apabila digunakannya dengan suatu sistem aplikasi pengolah kata (word processor) maka komputer akan menjadi suatu mesin yang dapat berguna  untuk menyusun kata maupun pikiran (idea). Dengan menggunakan aplikasi yang canggih, suatu komputer tidak hanya berubah menjadi suatu mesin yang dapat  melakukan suatu perencanan dalam keuangan, tetapi juga bisa sebagai kalkulator juga. Apabila komputer dihubungkan dengan suatu jaringan elektronik maka suatu komputer tersebut akan dapat menjadi bagian dalam suatu sistem komunikasi.

Pengertian Sistem Operasi Pada Komputer ?
Apa si sistem operasi komputer itu???
Dalam suatu Sistem operasi komputer, komputer dapat disebut-disebut sebagai bagian yang paling penting dalam suatu sistem komputer, malahan Komputer juga sering disebut dengan sebutan jantungnya komputer. Sistem operasi komputer ini merupakan suatu program yang dapat digunakan untuk mengendalikan suatu sistem input maupun output, seperti keyboard, disk drive, yang berguna dalam membaca maupun menjalankan suatu program. Sistem operasi juga merupakan sekumpulan dari mekanisme ataupun kebijakan yang membantu mendefinisikan suatu pengendalian sumberdaya (resource) yang di share atau digunakan bersama.
Sistem operasi yang berjalan pada komputer sangat lah bervariasi, hampir setiap pembuat komputer membuat suatu sistem operasinya sendiri-sendiri.
Sistem operasi pada computer dapat dibedakan berdasrakan kemampuannya untuk menangani proses serta pemakai komputer pada saat yang bersamaan menjadi suatu sistem operasi standalone dan multiuser. Dalam suatu sistem operasi standalone, komputer hanya bisa digunakan untuk satu pemakai saja dan tidak dapat digunakan secara bersamaan, tetapi dalam proses ya dapat ditangani lebih dari satu pada saat yang bersamaan, sedangkan dengan sistem operasi multiuser, komputer hanya bisa digunakan untuk melayani suatu proses dari banyak pemakai pada saat yang bersamaan (multitasking). Dan DOS merupakan contoh sistem dari operasi komputer yang standalone, sedangkan Unix dan Linux termasuk contoh dalam sistem operasi multiuser.

“Macam dan keragaman dalam Sistem Operasi”
Dalam suatu sistem operasi pada komputer terdapat nama-nama sistem operasi yang terkenal contohnya seperti:
Unix, ULTRIX, AIX, FreeBSD, BSDi, dan Linux Merupakan sistem operasi jaringan pada komputer yang standar yang banyak sekali digunakan oleh manusia. Linux juga dapat dikatakan sebagai  varian dari Unix yang paling terkenal saat ini, karena pergi dari konsep open source yang memungkinkan pemakainya tidak perlu memiliki lisensi untuk memiliki dan memakainya, baik untuk keperluan pribadi, non profit, sampai dengan komersial. DOS-Windows. DOS, merupakan sistem operasi yang dikembangkan untuk komputer pribadi (Personal Computer, PC). Sistem operasi ini lebih terkenal di kalangan manusia dibandingkan dengan sistem operasi lain yang mendahuluinya, mungkin ini terjadi karena disebabkan lebih banyak dan PC nya lebih terjangkau harganya sehingga banyak sekali pemakainya.
•    VM, MVS , CICS. Adalah merupakan suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh IBM untuk komputer mainframenya. Sistem ini pada awalnya merupakan suatu sistem operasi yang sangat proprietary. Kini sistem operasi IBM telah mulai dilengkapi dengan protokol TCP/IP sebagai jembatan untuk menghubungkan mainframe IBM dengan Internet.
•    VMS, OpenVMS. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi pada komputer DEC. ULTRIX merupakan suatu sistem operasi Unix untuk komputer DEC. OpenVMS merupakan keluarga sistem
operasi di lingkungan DEC yang menjembatani antar sistem operasi yang telah ada. Sistem operasi ini dapat diharapkan sebagai sistem operasi yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan pemakai dari lingkungan Unix maupun VMS.

Pengertian Unix, FreeBSD, dan Linux
Unix, FreeBSD, dan Linux sebenarnya sebagai sistem operasi yang satu keluarga. FreeBSD merupakan implementasi dari Unix yang memungkinkan penggunanya untuk menggunakan sistem operasi ini tanpa harus memiliki lisensinya. Demikian juga Linux dapat dikatakan varian dari Unix, karena Unix lebih dahulu ada, dan sistem operasi Linux walaupun dibuat dari awal (scratch), mengadopsi hampir semua konsep Unix, lihat bagian sejarah untuk selebih jelasnya.
Keunggulan Unix
•    Sistem operasi yang dirancang sebagai sistem operasi yang multiuser dan multitasking, pada saat yang bersamaan komputer dapat digunakan untuk banyak pemakai, dan setiap pemakai dapat memiliki lebih dari satu proses pada saat yang bersamaan.
•    Portability, sistem operasi ini dapat digunakan atau dipindahkan dari satu platform komputer ke platform lain dengan sedikit perubahan
•    Banyaknya aplikasi (utilitas) yang disediakan
•    Banyaknya librari untuk pengembangan sistem
•    Fasilitas untuk komunikasi, salah satunya adalah sebagai sistem operasi yang merintis adanya electronic mail (email).
Semua sistem operasi Unix dapat disusun atas tiga bagian:
•    Kernel, merupakan jantung dari sistem Unix, sistem
operasinya. Kernel merupakan program khusus yang diload
(dimasukkan) ke dalam memori komputer pada saat komputer
dinyalakan. Kernel digunakan untuk melakukan pengendalian
input, output sistem komputer; memungkinkan banyak
program berjalan pada saat yang sama; dan mengalokasi
waktu dan memori untuk program-program yang dijalankan
oleh  komputer. Kerne mencakup siste file, yang
mengendalikan bagaimana file dan direktori disimpan dalam harddisk komputer.
•    Program utilitas standar, merupakan perintah yang dijalankan olek pemakai dan sistem. Beberapa program berukuran kecil dan digunakan untuk mengerjakan satu fungsi, seperti /bin/is digunakan untuk menampilkan daftar file dalam suatu direktori, /bin/cp digunakan untuk melakukan penyalinan file; sedangkan /bin/sh atau /bin/csh merupakan shell Unix yang digunakan untuk memroses perintah pemakai dan juga sebagai bahasa pemrograman merupakan program berukuran besar.
•    File database sistem, umumnya berukuran kecil, digunakan oleh berbagai program dalam sistem. Salah satu contohnya adalah file /etc/passwd dan /etc/group.

Sejarah Perkembangan LINUX dan UNIX
Kalian tau nggak awal sejarah berdirinya unix???
Sejarah awal Unix itu diawali dari suatu projek MULTICS (Multiplexed Information and Computing Service) pada sekitar tahun 1965 yang dilakukan oleh American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), serta Massachusett Institute of Technology (MIT), dan dengan biaya yang sangat besar dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defense Advanced Research Project, DARPA atau ARPA). MULTICS yang merupakan suatu sistem operasi yang modular dengan menggunakan suatu processor dengan kecepatan tinggi, memori, dan perlengkapan komunikasi, dirancang untuk dapat bekerja selama 24 jam sehari,serta 365 hari per tahun tanpa henti, juga dirancang sebagai kebutuhan militer.
Pada sekitar tahun 1969, proyek MULTICS oleh AT&T dihentikan disebabkan karena terlambat, dan tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan, karena jauhnya jarak antar periset yang mengembangkannya, antara laboratorium New Jersey dan MIT.
Dan Pada sekitar tahun 1969 juga, Ken Thompson, seorang peneliti yang juga bekerja pada proyek MULTICS, menggunakan komputer PDP-7 mencoba untuk merealisasikan ide MULTICS serta bekerja sama dengan Dennis Ritchie, yang sebelumnya juga bekerja dalam proyek MULTICS. Peter Neuman menyarankan bahwa menggunakan nama Unix untuk sistem yang baru ini. Sistem UNIX ini kemudian ditulis ulang untuk PDP-11 dari Digital dalam satu tahun.
llmuwan AT&T banyak sekali menambahkan suatu kemampuan pada UNIX pada tahun 1970-an, sehingga banyak sekali program-program kecil yang disebut dengan tools dalam Unix, masing-masing digunakan untuk mengerjakan satu fungsi saja. Unix menjadi suatu kenyataan dari impian pemrogramnya.
Pada Tahun 1973, Unix pun ditulis ulang oleh Ken Thompson dengan menggunakan bahasa C yang baru dari Ritchie. Bahasa C ini dirancang untuk dapat dibawa (dalam bentuk portable) dari satu komputer ke komputer lain.
Tahun 1977, Mike Lesk kemudian mengembangkan “ported I/O library”, librari yang dapat dibawa untuk dapat mengatasi kesulitan membawa Unix dari satu komputer ke komputer lain karena adanya perbedaan penanganan sistem I/O dari setiap komputer. Unix pertama kali dibawa ke dalam suatu laboratorium Interdata 8//32, komputer mikro yang sama dengan PDP-11.
Dan pada Tahun 1978, sistem operasi Unix ini kemudian dibawa ke dalam komputer mini VAX. Sampai dengan saat ini Unix masih banyak sekali digunakan sebagai sistem komputer eksperimental.
Dan pada sekitar awal tahun 1973, Ternyata lebih dari 16 tempat AT&T atau Western electric di luar laboratorium Bell menjalankan suatu sistem operasi Unix. Dan Unix kemudian menyebar dengan cepat. Pada Tahun 1977, sedikitnya 500 tempat menggunakan suatu sistem operasi Unix; 125 di antaranya merupakan universitas dan lebih dari 10 negara asing. Pada tahun 1977 ini, keluar Unix Versi 6 yang memiliki dukungan komersial.
Universitas California di Berkeley membayar $400 untuk mendapatkan tape Unix yang di dalamnya terdapat suatu source code Unix yang lengkap. Bill Joy dan Chuck Haley, merupakan lulusan universitas dari Berkeley, mulaimemodifikaskani. Tahun 1978 Bill Joy mengeluarkan 30 salinan koreksi program dan modifikasi Unix dengan biaya pengganti media dan pengiriman seharga $50.
Lebih dari 6 tahun Berkeley mendapat dana dari ARPA untuk emodifikaskani. Tahun 1978 Bill Joy mengeluarkan 30 salinan koreksi program dan modifikasi Unix dengan biaya pengganti media dan pengiriman seharga $50.
Lebih dari 6 tahun Berkeley mendapat dana dari ARPA untuk mengembangkan Unix yang kemudian disebut dengan BSD Unix. Banyak pengembangan yang telah dilakukan; multitasking, penamaan file dengan jumlah karakter sampai dengan 255 karakter, dan kemampuan untuk bergabung ke dalam komputer lokal adalah di antara pengembangan yang berhasil dilakukan. Pada masa ini BSD Unix menjadi populer di kalangan peneliti dan universitas.

Pada masa yang sama, AT&T tetap mengembangkan Unix menurut versinya sendiri, dan mulai merasa khawatir karena kepopuleran dari BSD Unix. AT&T kemudian mengembangkan suatu produk komersial Unix. AT&T mengeluarkan sistem yang disebut dengan UNIX System V dan menyatakan bahwa sebagai standar Unix, dan menyatakan BSD Unix itu bukan merupakan suatu produk Unix yang standar dan tidak kompatibel. Pernyataan ini dikeluarkan oleh AT&T untuk meredam kepopuleran dari BSD Unix, juga karena merasa hak cipta ada pada AT&T. BSD Unix dinyatakan sebagai BSD 4.2.
Di sisi lain BSD 4.2 diyakini dapat berguna sebagai basis pengembangan sistem operasi Unix lain, seperti SunOS, karena yang menemukannya adalah lulusan Berkeley. Selain itu ULTRIX, sebagai sistem operasi Unix di lingkungan DEC (Digital Equipment Corporation).
Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang akan mengembangkan Unix, maka timbul permasalahan, Unix versi yang mana harus digunakan?
Berkeley Unix (BSD) lebih disukai oleh pengguna dari kalangan akademik dan  pengembang  sistem,  tetapi tidak  didukung  dan menakutkan seperti halnya sistem operasi Unix dari Sun yang baru, yang ternyata kemudian menjadi yang terdepan di kalangan Unix, di sisi lain ada AT&T yang dikembangkan oleh AT&T dan diklaim sebagai standar. Akibat dari permasalahan standar ini maka pada nkhir 1980-an, Data General, IBM, Hewlett Packard, dan Silicon (iraphics mengembangkan sendiri dengan menggunakan System V I berbagai standar. Versi Unix menjadi terpecah 2. Tetapi ternyata ada virsi ketiga Unix yaitu, XENIX, yang dikembangkan oleh Microsoft 11. ida  pada awal tahun  1980-an  dan  dilisensikan kepada Santa Cruz Miration (SCO). XENIX menggunakan standar sistem operasi dari ATM 1 versi yang lebih tua yaitu System III.
Karena kebutuhan standar sistem operasi, maka pada akhir tahun 1180-an,  XENIX dan AT&T System V, bergabung menjadi Unix

System V/386, menggabungkan seluruh fungsi tradisional System V dan Xenix. Dilepas padasekitar tahun 1988 untuk komputer berbasis 80386.
Pada musim panas tahun 1988, AT&T dan Sun Microsystem menandatangani suatu perjanjian kerjasama pengembangan, yang kemudian selanjutnya menghasilkan System V Release 4 (SVR4), yang memiliki kemampuan terbaik dari System V dan Berkeley Unix, dan membuat semua program yang ditulis dalam kedua sistem sebelumnya. Sun kemudian meninggalkan SunOS, menggunakan sistem operasi Unix yang baru dengan nama Solaris.
Karena Merasa terancam oleh AT&T dan Sun, karena bukan merupakan bagian dari usaha pengembangan SVR4, maka Appolo Computer, Digital Equipment Computer (DEC), Hewlett Packard, IBM, dan sebagian pabrik di Eropa membentuk Open Software Foundation (OSF). Pembentukan ini sebagai usaha untuk dapat melepaskan diri dari pengendalian AT&T, dengan mengatasnama kan koalisi industri not-for-profit, dan menggunakan lisensi yang seragam. OSF dikembangkan dengan menggunakan standar AIX, kemudian dipindahkan ke dalam kernel MACH dari Universitas Carnegie Mellon, dengan menggabungkan librari dan utility dari HP, IBM, dan Digital.

bisnis kelas kecil Beberapa dari penerapan di dalam istem Unix seperti Unix (Unix-like) untuk PC yang akan dikembangkan, dan didasarkan pada BSD 4.3 dan 4.4, serta sistem MACH yang dikembangkan oleh ilmuwan Carnegie yang juga memiliki banyak pengguna.
Walaupun pada akhirnya sistem Unix yang pada saat ini belum bersatu dalam rangka pengembangannya, pada sekitar pertengahan tahun 1990-an, dapat diperkirakan bahwa sudah ada jutaan komputer yang sudah menggunakan  sistem operasi Unix di dalam seluruh dunia. Sistem operasi Unix merupakan pilihan yang banyak dipilih/dipakai oleh microprocessor, karena kemudahannya yang dapat diadopsi.
Dan pada Saat ini lah telah ada kumpulan standar untuk sistem operasi seperti contohnya Unix, dan termasuk di dalamnya antar muka, librari, dan karakteristik kelakuan (behavioral characteristics). Kumpulan standar ini bagaikan seperti POSIX, yang pada awalnya itu dikembangkan oleh IEEE, yang juga selebihnya diadopsi sebagai ISO/IEC 9945. Dengan adanya suatu penstandaran seperti antar muka, librari, dan kelakuan ini kita dapat menggunakan serta mengadakan mesin dengan Unix dari manapun.
Sistem operasi dalam Unix banyak ragamnya, keragaman ini bukan berarti membuat bahwa diantara sistem operasi ini berbeda. Keragaman ini dapat terjadi  lebih banyak apabila disebabkan karena jenis komputernya berbeda, setiap pembuat sistem operasi pada setiap
jenis komputer berbeda memberikan nama, tetapi tetap mengacu pada standarisasinya.
Berikut ini ada beberapa sistem oeprasi Unix yang dikenal (populer):
AIX
Merupakan suatu sistem operasi yang merupakan versi dari IBM yang berjalan pada komputer yang berseri RS/6000 dan dengan sistem RISC serta mainframe. Saat ini juga telah tercatat, telah terjual lebih dari 500.000 komputer berseri RS/6000. Sistem operasi ini merupakan suatu sistem operasi yang akan dikembangkan oleh IBM yang tidak khas dari IBM. Karena IBM itu harus memperhatikan pasar yang akan menginginkan keterbukaan sistem operasi komputernya sehingga dengan mudah untuk dihubungkan ke dalam suatu jaringan dan dapat     memanfaatkan sumberdaya yang ada dalam suatu jaringan tersebut.

BSD
Dalam Sistem operasi ini tidak begitu populer sebagai produk, akan tetapi banyak program yang sudah dikenal banyak orang seperti FreeBSD, BSDi, dan OpenBSD. HP/UX
Sistem operasi ini berjalan di atas komputer produksi HP (Hewlett Packard). IRIX
berVarsi sistem operasi ini berjalan di atas komputer dari Silicon Graphics (SGI). Sangat bagus sekali apabila digunakan sebagai sistem operasi komputer dengan basis grafis (GUI), tetapi tidak banyak digunakan di

RedHat
•    Debian
•    Slackware
•    Open Linux SuSe
•    TurboLinux
•    Linux Mandrake,
•    Linux versi Indonesia: WinBI, Linux Trustix, dan Iain-lain
•    SunOS
Sistem operasi Unix versi dari Sun Microsystem, sebelum diganti menjadi Solaris
•    Solaris
Sistem   operasi   ini   merupakan   sistem   operasi   pengganti SunOS.
•    QNX
Sistem operasi Unix komputer pribadi yang digunakan untuk
proses real-time.
MINIX
Sistem operasi yang mirip Unix ini dapat dikembangkan oleh
Andrew Tanembaum sebagai contoh serta sebagai studi kasus dalam
bukunya yang judulnya tentang sistem operasi yang sumber inspirasinya berasal dari Linux.

GNU????
GNU merupakan suatu lembaga atau yayasan foundation yang menggerakkan serta menyebarkan suatu isu tentang software yang dapat dimiliki ataupun digunakan secara cuma-cuma dengan hak cipta dan dapat dimiliki oleh public. Software ini berisi berupa sistem operasi atau pun aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah serta dapat diperoleh oleh setiap pemakai komputer yang berminat menggunakannya karena sesuai dengan kebutuhannya di zaman sekarang ini .
Beberapa ragam yang ada pada Unix di atas juga disebut-sebut merupakan suatu sistem operasi yang berada di bawah lisensi GNU, seperti FreeBSD dan Linux

Pengertian Linux
Kalian pasti sudah banyak yang mengenal suatu program operasi yaitu linux. Linux merupakan  varian dari suatu sistem operasi Unix yang sangat populer pada zaman saat ini. Umumnya para pemakai Linux tidak ingin atau pun tidak setuju dengan sistem operasi ini yang dianggap sebagai varian Linux, tetapi apabila dirasakan dengan memakai, maka kiata akan dapat terlihat bahwa dari sisi pemakai semua yang ada di dalam Linux merupakan sistem operasi Unix, karena ternyata memang Linux diinspirasi kan oleh Minix (Mini Unix), serta dilandasi oleh beberapa software dari GNU.
Sebagian pengguna serta pengembang sistem operasi Linux menyebutkan  sebagai sistem operasi seperti Unix, karena program ini dapat dikembangkan dari awal lagi, tanpa mengambil dari satu sistem operasi yang telah ada, hal ini memungkinkan tidak ada masalah dalam hak cipta. Sebagian lagi menyatakan sebagai Unix yang sesuai dengan standar POSIX/1 (POSIX compliant).
Perangkat dasar yang ada pada sistem operasi LINUX  ini hampir selalu berasosiasi dengan perangkatyang ada pada Unix, karena sebagian pengembangnya berlatar belakang Unix, dan memiliki aplikasi di Unix yang kemudian akan dibawa ke Linux. Perangkat-perangkat ini kemudian  dikembangkan di bawah lisensi GNU.
Sistem operasi Linux dapat dikembangkan oleh Linus Torvalds, pada saat ltu masih merupakan mahasiswa di Finlandia, tahun 1990, yang berkeinginan ingin memiliki sistem operasi sendiri untuk komputernya yang bisa dengan mudah dimodifikasi, seolah program komputer biasa.
Versi awal dari Linux kemudian disebarluaskan secara bebas, untuk mendapatkan suatu masukan dari pengguna dan pengembang software yang memang mencari alternatif Dari sistem operasi. Sambutan yang sangat antusias diterima dari komunitas yang mencoba sistem operasi baru ini, ternyata kemudian mereka menyokong dan membantu mengembangkan sistem operasi ini. Linux sendiri saat ini lebih banyak melakukan pengembangan pada bagian kernel sistem operasi. Komunitas Linux mengembangkan aplikasi-aplikasi yang berjalan di atasnya.

Posted on March 29, 2013, in Teknologi. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. I just want to tell you that I’m all new to blogging and site-building and honestly loved your page. Probably I’m going to bookmark your site . You definitely have incredible stories. Bless you for sharing your website page.

  2. I just want to mention I’m beginner to blogging and site-building and actually enjoyed your web site. Almost certainly I’m want to bookmark your blog post . You definitely have awesome articles and reviews. Thank you for revealing your webpage.

  3. You need targeted traffic to your website so why not try some for free? There is a VERY POWERFUL and POPULAR company out there who now lets you try their traffic for 7 days free of charge. I am so glad they opened their traffic system back up to the public! Check it out here: http://voxseo.com/traffic/

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: