Meningkatkan Jumlah dan Mutu Produksi : Intensifikasi, Ekstensifikasi, Diversifikasi, Rasionalisasi

Meningkatkan Jumlah (Kuantitas) dan Mutu (Kualitas) Produksi bagi Produsen mutlak dilakukan. Jika dahulu kebutuhan manusia akan barang kebutuhan bisa dibilang sederhana, semakin kedepan seiring dengan berkembangnya peradaban maka semakin komplek juga kebutuhan yang diperlukan.
Oleh karena itu dalam kegiatan ekonomi, khususnya produsen harus mengikuti tren ini. Namun demikian meskipun diperlukan peningkatan mutu dan jumlah produksi barang, dalam penerapannya seorang produsen harus tetap memperhatikan etika ekonomi agar kegiatan ekonomi tidak merugikan bagi pelaku ekonomi.
Cara meningkatkan jumlah dan mutu produksi sebagai berikut :
1. Dengan Cara Intensifikasi
Pengertian intensifikasi adalah sebuah usaha untuk meningkatkan mutu (kualitas) dan jumlah (kuantitas) hasil produksi dengan cara meningkatkan produktivitas dan cara kerja.
Contoh Intensifikasi adalah tanaman buah. Intensifikasi dapat dilakukan pemupukan unsur N yang tercukupi, penyiraman yang tepat, pembersihan gulma pengganggu teratur, pemangkasan dahan, dan lain-lain sehingga produksi buah meningkat dari sebelumnya.
2. Dengan Cara Ekstentifikasi
Pengertian ekstensifikasi adalah sebuah usaha untuk meningkatkan mutu (kualitas) dan jumlah (kuantitas) hasil produksi dengan cara menambah faktor produksi.
Contoh Ekstensifikasi adalah tanaman buah dengan melakukan kultur jaringan. Anda pernah memperhatikan durian impor dari Thailand, setelah makan daging buahnya coba anda tanam biji duriannya dan tunggu apakah dapat tumbuh menjadi bibit. Tentu tidak bisa karena buah durian dari Thailand itu adalah produk buah hasil rekayasa tanaman sehingga pengembangbiakannya tidak secara konvensional lagi dengan biji. Bandingkan dengan buah durian lokal, jika biji dibuang ditanah pasti akan tumbuh. Kultur jaringan adalah metode untuk dapat melakukan produksi masal sebuah tanaman dengan hasil maksimal dan seragam sehingga dengan pemanfaatan teknologi ini produksi tanaman buah dapat meningkat.
3. Dengan Cara Diversifikasi
Pengertian ekstensifikasi adalah sebuah usaha untuk meningkatkan mutu (kualitas) dan jumlah (kuantitas) hasil produksi dengan cara pengembangan jenis produksi.
Contoh diversifikasi, coba anda perhatikan produk minuman energi yang tertata rapi di toko-toko dan minimarket. Berbagai jenis kemasan dan rasa tersedia, nah itulah yang dinamakan metode diversifikasi. Dengan mengembangkan varian yang lebih banyak maka pilihan konsumen lebih banyak, jika setiap varian itu laku dipasar maka dengan sendirinya produksi akan naik. Jarang kita temukan produsen yang hanya memiliki satu varian produksi. Mulai dari lektronik sampai makanan satu produsen pasti memiliki jenis varian yang banyak dengan tujuan mengikuti selera konsumen sekaligus membidik sekmen konsumen yang berbeda-beda.
4. Dengan Cara Rasionalisasi
Pengertian ekstensifikasi adalah sebuah usaha untuk meningkatkan mutu (kualitas) dan jumlah (kuantitas) hasil produksi dengan cara penerapan sistem manajemen yang efektif dan penggunaan teknologi.
Contoh rasionalisasi, coba anda tebak berapa miliar rupiah yang harus digelontorkan untuk membuat sebuah supermarket konvensional. Cara rasionalisasi adalah dengan merubah supermarket konvensional menjadi supermarket atau toko online. Dengan metode ini maka akan merampingkan jumlah karyawan dan akan mengurangi biaya yang super banyak lainnya, bahkan jika anda menguasai pembuatan blog maka pembuatan toko online menjadi tanpa biaya.
Okelah cukup sekian penjelasan saya tentang Cara Meningkatkan Jumlah (Kuantitas) dan Mutu (Kualitas) Produksi…Semoga bermanfaat.

Posted on March 28, 2013, in Pendidikan. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. I just want to tell you that I am very new to blogging and honestly liked you’re blog site. Likely I’m planning to bookmark your blog post . You actually have remarkable articles and reviews. Many thanks for revealing your web page.

  2. I simply want to tell you that I’m beginner to blogs and seriously liked your blog. Likely I’m likely to bookmark your site . You absolutely have outstanding stories. Appreciate it for sharing with us your web page.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: