10 Makanan Penangkal Kantuk Saat Begadang

Begadang tidak dilarang asal ada tujuannya. Apalagi jika Anda harus belajar sebelum ujian atau terpaksa bekerja sepanjang malam untuk menyelesaikan tugas. Makanan yang dapat melawan kantuk biasanya memiliki beberapa karakteristik yang berbeda. Yang terpenting adalah makanan tersebut harus rendah glisemik atau mengandung sedikit gula.

10 Makanan Penangkal Kantuk Saat Begadang

Berikut ini adalah Sepuluh makanan untuk penangkal kantuk saat begadang, seperti dilansir Boldsky.

1. Kopi
Kafein hadir dalam minuman seperti kopi yang mampu merangsang otak untuk tetap terjaga. Stimulan ini membantu Anda tetap terjaga di malam hari. Tetapi, terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan gangguan tidur permanen lho. Jadi, jangan lakukan kebiasaan ini berulang-ulang. Lakukan saat Anda memang benar-benar membutuhkannya.

2. Telur
Telur memiliki jumlah kolin yang sangat tinggi dan dapat mempercepat metabolisme tubuh. Hal ini membuat Anda memiliki banyak energi untuk melawan kantuk.

3. Teh tanpa gula
Teh mengandung kafein dan nikotin. Tetapi, Anda harus minum teh tanpa gula untuk tetap bisa terjaga semalaman. Gula memberikan memang energi instan, tetapi membuat Anda merasa mengantuk setelah beberapa saat.

4. Buah pisang
Pisang adalah makanan terbaik untuk Anda, bila Anda ingin tetap terjaga semalaman. Pisang memberikan energi instan untuk bekerja di malam hari.

5. Tahu
Tahu adalah sumber protein yang sehat untuk tubuh. Tahu memiliki asam amino dan cukup ringan untuk perut Anda. Makanan ini dapat membantu Anda tetap terjaga dan tidak bikin gendut.

6. Sop ayam
Bila Anda ingin tetap terjaga, Anda bisa mengonsumsi daging tanpa lemak. Sup ayam hangat dipenuhi oleh asam amino sehat yang tidak akan menaikkan kadar gula darah Anda.

7. Kenari
Kenari memiliki banyak asam lemak omega-3 yang dapat memberikan Anda banyak energi untuk tetap terjaga dan waspada di malam hari.

8. Tomat
Tomat memiliki banyak kandungan Vitamin C. Nutrisi ini dapat memberikan tubuh Anda banyak energi dan membantu Anda memerangi kantuk.

9. Buah alpukat
Buah alpukat yang tidak manis sangat ideal untuk membuat tubuh Anda tetap terjaga dan segar ketika begadang. Alpukat juga memiliki kandungan gula yang sangat sedikit lho. Jadi, itu tidak bikin Anda jadi gendut.

10. Apel
Apel membantu tubuh Anda menciptakan lebih banyak sel darah merah yang membawa oksigen sehingga dapat meningkatkan kapasitas darah Anda. Ketika banyak oksigen masuk ke tubuh Anda, Anda dapat tetap terjaga lebih lama. Apel juga kaya akan zat besi sehingga ampuh untuk memerangi kantuk.

Itulah sepuluh makanan yang dapat membantu Anda melawan kantuk saat begadang di malam hari. Selamat mencoba!

Posted on March 27, 2013, in Campuran. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. I simply want to say I am new to blogs and absolutely liked your blog site. More than likely I’m planning to bookmark your site . You really come with really good posts. Bless you for sharing with us your blog.

  2. I simply want to say I am just very new to weblog and definitely savored your blog site. Probably I’m likely to bookmark your blog . You amazingly come with amazing articles and reviews. Appreciate it for sharing with us your webpage.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: