10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa

Sampai sekarang ini, ternyata sudah banyak hewan yang pernah dikirimkan ke luar angkasa. Mulai dari monyet sampai dengan ikan sudah pernah pergi dengan ketinggian yang sangat jauh. Dari hewan-hewan tersebut, tidak jarang ada yang langsung mati atau terkena penyakit. Namun, ada pula yang selamat dan dapat bertahan hidup cukup lama setelah kembali ke bumi. Berikut adalah hewan-hewan yang pernah dikirimkan ke luar angkasa.

1. Monyet Iran
10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
Hari Senin (28/01) kemarin, pemerintah Iran mengumumkan bahwa mereka berhasil mengirimkan seekor monyet ke luar angkasa. peluncuran monyet ke luar angkasa ini adalah salah satu dari proyek pemerintah Iran yang tergolong sukses. Sebelumnya mereka juga pernah mengirimkan beberapa hewan lain seperti tikus, kura-kura dan cacing ke angkasa luar.

2. Laika
10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
Laika adalah nama seekor anjing Rusia dan menjadi hewan pertama yang berhasil dikirimkan ke luar angkasa pada tahun 1957. Sayangnya, pemerintah Rusia hanya memikirkan cara mengirimkan hewan tersebut saja dan tidak memikirkan cara mengembalikannya ke bumi. Alhasil, Laika mati setelah berada di luar bumi beberapa jam kemudian.

3. Able
10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
Karena terpacu oleh kesuksesan Rusia meluncurkan hewan pertama ke luar angkasa, pada tanggal 28 Mei 1959, Amerika Serikat juga melakukan hal yang sama. Pemerintah negeri Paman Sam ini mengirimkan 2 ekor monyet yang salah satunya bernama Able ke luar angkasa. Tidak seperti Rusia, pihak NASA berhasil membawa pulang Able ke bumi. Sayangnya, monyet ini akhirnya mati karena anesthesia beberapa hari setelah mendarat di bumi.

4. Baker
10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
Baker adalah teman dari Able yang ikut diluncurkan pada tanggal yang sama. Tidak seperti Able, Baker mampu bertahan hidup sampai akhirnya dia mati pada tahun 1984.

5. Otvazhnaya, Snezhinka dan Marfusha
10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
Pada bulan Juli 1959, ada 3 hewan lagi yang dikirimkan ke luar angkasa. Ketiga hewan ini dinamakan Otvazhnaya (anjing), Snezhinka (anjing), and Marfusha (kelinci).

6. Miss Sam
10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
NASA kembali membuat percobaan dengan mengirimkan hewan ke luar angkasa. Seperti halnya sebelumnya, NASA juga masih menggunakan monyet sebagai obyek penelitiannya. Kali ini monyet yang terpilih bernama Miss Sam. Monyet satu ini juga berhasil kembali ke bumi dengan keadaan selamat.

7. Strelka dan Belka
10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
Tidak ingin kalah dengan rival abadinya, Rusia kembali mengirimkan dua anjing ke luar angkasa. Kali ini, Rusia tidak mengulangi kejadian yang sama. Strelka dan Belka berhasil kembali ke bumi dengan selamat.

8. Ham
10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
Ham adalah nama seekor simpanse pertama yang dikirimkan ke luar angkasa. Ketika dikirimkan, Ham ternyata tidak mengalami permasalahan berarti dan tetap tenang hanya dia mengalami dehidrasi saja. Ham berhasil kembali ke bumi dengan selamat.

9. Felix
10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
Tidak hanya Rusia dan Amerika Serikat saja, Prancis ternyata juga pernah mengirimkan hewan ke luar angkasa. Tidak seperti kedua negara tersebut, Prancis lebih memilih seekor kucing bernama Felix untuk dikirimkan. Felix bahkan menjadi kucing pertama yang berhasil menjelajah ke luar bumi.

10. Katak

10 Hewan Yang Pernah Dikirim Ke Luar Angkasa
Tidak puas hanya menggunakan monyet dan simpanse saja, pada saat peluncuran Endeavour pada tahun 1992, seorang astronot NASA diketahui juga membawa seekor katak besar dalam perjalanannya. Katak tersebut dibawa karena pihak NASA ingin mengetahui bagaimana microgravity dapat berimbas terhadap kseuburan telur binatang amphibi

Posted on March 27, 2013, in Pengetahuan. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. I simply want to say I am all new to weblog and really savored you’re web-site. More than likely I’m want to bookmark your website . You certainly have beneficial article content. Appreciate it for sharing with us your blog.

  2. I just want to mention I am just new to blogs and truly savored you’re web page. Likely I’m planning to bookmark your blog . You surely have excellent articles. Thank you for revealing your web-site.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: