Khasiat Daun Zaitun, dari Pembunuh Kuman hingga Antioksidan

Selama ini, mungkin Anda telah mengenal banyak manfaat dari minyak zaitun yang diekstrak dari buahnya. Namun ternyata ada bagian lain dari tanaman zaitun atau Olea europaea yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Bagian itu tidak lain adalah daunnya.

Dalam pengobatan tradisional Maroko, daun zaitun digunakan untuk menjaga kadar gula darah dan diabetes. Sedangkan saat ini, daun zaitun semakin dikenal dan banyak dimanfaatkan, terlebih setelah banyak penelitian ilmiah yang mendukung manfaatnya.

Salah satu kadungan utama dalam daun zaitun yaitu senyawa yang bernama oleuropein, yang sudah diteliti sejak awal tahun 1900-an. Oleuropein termasuk dalam golongan iridoid yang memiliki aktivitas antibakteri, antiviral, dan antifungal, serta berguna untuk melawan berbagai tipe infeksi internal. Oleuropein juga dapat meningkatkan produksi thermogenin dalam tubuh, yaitu senyawa yang dapat membakar lemak secara efektif.

Dalam penelitian baru-baru ini, oleuropein dapat berguna untuk menurunkan tekanan darah. Studi di Milan menunjukkan bahwa senyawa ini merupakan antioksidan yang poten, yaitu dapat menghambat oksidasi lipid di dalam darah, serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.

Faktanya, aktivitas antioksidan di daun zaitun lebih tinggi daripada di teh hijau. Studi ilmiah telah membuktikan bahwa senyawa antioksidan yang didapatkan dari tanaman dapat memberikan manfaat kesehatan, dan membantu untuk menurunkan risiko berbagai penyakit kronik.

Daun zaitun merupakan sumber senyawa antikanker yang baik yaitu apigenin dan luteolin, serta sumber senyawa anti-malarial cinchonine. Daun zaitun juga dapat berperan sebagai anti-inflamasi. Studi pada binatang menunjukkan bahwa ekstrak daun zaitun dapat mencegah kerusakan saraf, sehingga baik untuk mencegah stroke.

Chris Kilham, ahli etnobotani yang mendalami obat herbal dari University of Massachusetts Amherst mengatakan, di zaman pengobatan modern seperti saat ini, seringkali ditemukan suatu bahan yang sudah lama digunakan sebagai obat tradisional, ternyata setelah diteliti secara ilmiah benar adanya memiliki manfaat kesehatan. Hal ini juga terjadi pada daun zaitun.

Posted on March 21, 2013, in Kesehatan. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. I just want to mention I am just very new to blogging and certainly savored this web page. Likely I’m likely to bookmark your website . You certainly come with tremendous articles. Regards for sharing your website.

  2. I just want to say I’m newbie to blogging and seriously savored your blog site. Almost certainly I’m planning to bookmark your blog post . You surely come with incredible well written articles. With thanks for sharing with us your website.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: