Ingin Lebih Berkonsentrasi? Kunyahlah Permen Karet

Apa yang biasa Anda gunakan untuk meningkatkan konsentrasi? Umumnya orang mengonsumsi kopi, suplemen herbal seperti ginkgo biloba, meditasi, atau tidur untuk membantu mereka meningkatkan konsentrasi. Namun kini ada cara baru yang cukup unik dan relatif mudah. Kunyahlah permen karet!

Studi para ahli dari University of Cardiff menunjukkan, mengunyah permen karet dapat dijadikan alternatif untuk memperbaiki konsentrasi, terutama saat sedang mengerjakan tugas yang bersifat konstan dan dalam waktu lama.

“Penelitian sebelumnya sudah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet memberikan keuntungan dalam kognitif seseorang. Dalam studi ini, kami memfokuskan pada tugas pendengaran yang melibatkan memori jangka pendek,” ujar Kate Morgan, penulis studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychology ini.

Para peneliti membagi 38 orang peserta ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diperbolehkan untuk mengunyah permen karet dan kelompok lainnya tidak. Selama setengah jam, dibacakan dengan keras angka 1 sampai 9. Para peserta diminta mencatat apabila ada kombinasi angka tertentu, seperti 5-8-1.

Para peserta yang tidak mengunyah permen karet memulai tes lebih baik daripada mereka yang tidak. Menariknya, para peneliti menemukan bahwa selanjutnya, peserta yang mengunyah permen karet lah yang mengakhiri tes dengan jawaban yang lebih akurat, serta respon yang lebih cepat.

“Menariknya, peserta yang tidak mengunyah permen karet meskipun lebih baik di awal tes, tetapi di akhir tes justru dikalahkan oleh peserta yang mengunyah permen karet,” ujar Morgan dalam rilis berita.

“Hal ini menunjukkan bahwa permen karet dapat membantu untuk fokus pada tugas yang berlangsung dalam waktu yang lama,” simpulnya.

Posted on March 21, 2013, in Kesehatan. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. I simply want to mention I am all new to blogging and really loved your website. Almost certainly I’m planning to bookmark your website . You absolutely have amazing articles. Many thanks for sharing your website page.

  2. Good post over again. Thanks.

  3. This webpage does not render correctly on my blackberry – you might wanna try and fix that

  4. I think this is one of the most significant information for me. And i’m glad reading your article. But want to remark on few general things, The web site style is wonderful, the articles is really nice : D. Good job, cheers

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: