Cara Menyetem Gitar

Belajar Cara Menyetel Gitar | Menyetem Gitar – Pertama dulu saya bermain gitar adalah ketika saya masih duduk dibangku SMP kelas VII, teringat betapa lucunya dulu awal mula bermain gitar😀, bisa bermain gitar adalah merupakan kepuasan tersendiri bagi peminat, namun bermain gitar saja kurang lengkap rasanya apabila kita masih belum bisa menyetel atau menyetemnya pada saat senar sewaktu-waktu menjadi fals.

Hal ini perlu sekali sobat perhatikan agar suara senar gitar yang sobat mainkan tersebut dapat menuangkan dengan baik bahasa-bahasa nada bunyi yang tertulis dalam partiatur (teks lagu). Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyetem/menyetel gitar. Namun disini, saya akan mencoba menghadirkannya dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, Cara ini sangat cocok bagi sobat yang baru ingin bermain gitar/pemula sebagai langkah pembelajaran awal mendalami nada-nada lagu :

Cara Menyetel Gitar | Menyetem Gitar

 

  1. Petiklah senar gitar nomor 1 (paling bawah) tanpa tekanan, samakan dengan bunyi senar gitar nomor 2 yang ditekan pada kolom nomor 5. bunyi keduanya harus sama.
  2. Putar senar nomor 1 dengan cara pelan pelan sampai menghasilkan bunyi yang paling dikehendaki.
  3. Petik senar nomor 3 tekan pada kolom nomor 4. samakan dengan bunyi senar nomor 2 tanpa ditekan.
  4. Petik senar nomor 4 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 3 tanpa ditekan.
  5. Petik senar nomor 5 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 4 tanpa ditekan.
  6. Petik senar nomor 6 tekan pada kolom nomor 5, samakan dengan bunyi senar nomor 5 tanpa ditekan.

 

Jika sobat sudah melakukannya tapi suara gitar masih saja sumbang maka sobat harus mengulanginya sampai mendapatkan suara yang pas. jika keadaan tidak berubah maka periksalah keadaan senarnya🙂
Kalu sekarang kamu sedang memegang gitar kamu bisa menggunakan tools ini, klik di sini. Caranya mudah saja, setelah kamu masuk ke situs online tuner tersebut kamu tinggal memilih nada yang akan dibunyikan dengan memencet tombol nada yang ada pada situs tersebut lalu samakan dengan nada gitar kamu. Dari 2 cara di atas usahakan agar kamu lebih mengutamakan berlatih menyetem gitar dengan cara manual, karena hal ini adalah skill terpenting belajar gitar untuk pemula.

Posted on March 19, 2013, in Campuran, Pengetahuan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: