Manfaat Daun Teh Untuk Kesehatan

Manfaat daun teh sudah disadari sejak ribuan tahun yang lalu di Cina. Daun teh yang diseduh dianggap berfungsi sebagai tonik. Penelitian terus mengungkapkan banyaknya manfaat daun teh untuk kesehatan. Daun teh berasal dari tumbuhan Camelia Sinesis, sumber daya alam yang murah dan tersedia di seluruh dunia.

Para ilmuwan gizi melihat manfaat daun teh seperti efek terapi. Flavanoid pada teh hitam berfungsi sebagai anti biotik, anti inflamasi dan antivirus. Flavanoid membantu aliran darah dengan cara melebarkan arteri, hal ini meningkatkan kesehatan jantung.

manfaat daun teh

manfaat daun teh

Teh memiliki empat jenis utama, yaitu:

  1. Teh putih. Proses pembuatan teh putih sangat cepat yang berasal dari daun teh muda atau tunas baru tumbuh.
  2. Teh hijau. Teh hijau dibuat dengan cara memanaskan daun untuk mencegah kerusakan (oksidasi) dari katekin.
  3. Oolong. Teh yang diproses dari teh hijau, namun tidak diproses selama teh hitam.
  4. Teh hitam (difermentasi). Merupakan teh yang dibuat dari pengolahan daun lebih lanjut seperti penghancuran dan pencahayaan.

Mengapa Teh Berbeda ?

Perbedaan utama antara jenis teh adalah proses oksidasi. Oksidasi yang berlebihan dianggap tidak sehat. Hal ini menunjukkan bahwa teh putih dan teh hijau memiliki manfaat kesehatan yang lebih besar dibandingkan teh hitam atau oolong.

Secara traditional, teh hijau (tidak difermentasi) lebih disukai di negara-negara Asia, sementara negara Barat cenderung memilih teh hitam (difermentasi) yang memiliki rasa yang kuat. Teh hijau sangat kaya akan polifenol katekin yang berfungsi sebagai antioksidan. Oolong (semi fermentasi) memiliki karakteristik antara teh hijau dan teh hitam, tetapi daun tehnya mengandung polyphenol yang lebih baik diantara semuanya. Teh putih jarang diminum dan harganya lebih mahal. Cina salah satu negara yang mengkonsumsi teh putih. Setiap jenis teh mengandung kafein dan stimulan sistem saraf.

Seni membuat teh membutuhkan peralatan yang bersih dan waktu seduh yang benar. Untuk teh hitam, teh hijau dan oolong waktu menyeduh antara 3 – 5 menit. Sedangkan teh putih karena lebih halus harus direndam antara 2 – 3 menit. Menggunakan kantong teh walaupun nyaman tetapi tidak mengandung kualitas daun teh yang tertinggi.

Manfaat Daun Teh Untuk Kesehatan

  1. Teh dapat membantu memperlambat proses penuaan. Polifenol teh memiliki stabilitas oksidasi yang kuat, artinya sangat baik untuk membersihkan radikal bebas dalam tubuh. Menurut penelitian, polifenol teh dapat menghilangkan peroksidasi lipid dan membersihkan enzim aktif sehingga berefek pada anti penuaan. Efek anti penuaan dari polifenol adalah 18 kali lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin E.
  2. Teh dapat membantu mengontrol penyakit kardiovaskular. Manfaat daun teh penting dalam metabolisme lemak. Jika terlalu banyak kolesterol dan trigiliserida terakumulasi dalam tubuh akan menyebabkan deposit lemak pada dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan penyakit kardiovaskular. Polifenol teh menghambat hiperplasia maculosus yang mengurangi fibrinogen yang dapat meningkatkan viskositas pembekuan darah.
  3. Teh membantu mencegah dan melawan kanker. Polifenol teh dapat menghambat sintesis dari berbagai macam zat karsinogenik dalam tubuh seperti amonium nitrat. Terlebih lagi, manfaat daun teh juga berefek langsung membunuh sel-sel kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Posted on March 17, 2013, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: