Pengertian bahasa pemrograman

Pengertian bahasa pemrograman adalah suatu perangkat lunak dan bahasa yang digunakan untuk membuat program-program komputer atau sering disebut sebagai bahasa kompute. Bahasa pemrograman menggunakan sistem tata bahasa tertentu atau kata-kata unik untuk dijadikan kode yang bisa menjalankan perintah tertentu pada komputer. Bahasa pemrograman inilah yang membentuk struktur perangkat lunak sebagai inti dari komputer untuk menjalankan perangkat keras. Tanpa perangkat lunak yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman, maka perangkat keras tidak akan berjalan dengan baik atau bahkan tidak dapat berjalan sama sekali.

Pengertian Bahasa Pemrograman

CPU komputer pada dasarnya hanya bisa berkomunikasi menggunakan kode mesin, yakni menggunakan angka 0 dan 1 saja. Kode mesin inilah yang berperan dalam mengkomunikasikan data dalam komputer. Karena CPU hanya mengerti bahasa dengan kode mesin, sedangkan manusia kesulitan melakukannya, maka dibuatlah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman utamanya pada level tinggi memiliki syntax logika yang mendekati bahasa manusia, sehingga dapat digunakan oleh manusia. Namun supaya dapat berkomunikasi dengan CPU, maka program yang telah ditulis oleh manusia tersebut harus diubah menjadi bahasa mesin. Perubahan ini membutuhkan satu perangkat lunak yang disebut sebagai compiler.

Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga, yakni bahasa mesin, bahasa pemrograman tingkat rendah dan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa mesin hanya dipakai untuk membuat sistem inti perangkat komputer seperti yang tertanam pada BIOS, chip-chip tertentu dan lain sebagainya. Bahasa ini hanya terdiri dari 0 dan 1 saja yang disebut sebagai byte. Lalu ada bahasa pemrograman tingkat rendah yakni bahasa assembly yang digunakan untuk berkomunikasi dengan hardware, membantu komputer mengingat memori dan terdapatnya alamat simbolis yang berhubungan dengan bahasa mesin. Sedangkan bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa pemrogaman yang memiliki baris perintah yang mendekati bahasa manusia sehingga lebih mudah digunakan.

Sejarah singkat bahasa pemrograman

Menurut catatan sejarah komputer, bahasa pemrograman dikenal pertama kali sejak penemuan komputer digital pada tahun 1940-an. Bahasa pemrograman mulai berkembang dan dikembangkan sejak tahun 1950-an dengan dimulainya bahasa assembly yang mengiringi berkembangnya komputer untuk keperluan komersial. Bahasa komputer yang pertama kali adalah FORTRAN yang merupakan singkatan dari Formula Translation. Bahasa ini dibuat oleh John Bacus pada awal 1950-an hingga awal 1960-an. Bahasa ini bermanfaat dalam dunia perbankan dan pencatatan keuangan atau akuntansi.

Setelah itu bahasa pemrograman mulai beragam dalam segi jumlah maupun fungsinya. Bahasa yang dikembangkan di era tersebut misalnya dalah COBOL yang merupakan singkatan dari Common Bussiness Oriented Languange oleh Grace Hopper dan LISP yang merupakan singkatan dari List Processing yang dibuat oleh John McCarthy. Lalu kemudian bahasa-bahasa pemrograman berkembang semakin pesat dan muncul bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lebih multifungsi seperti C, C++, BASIC, PASCAL dan ADA. Dari berbagai bahasa pemrograman tersebut, bahasa C adalah yang paling populer dan memiliki turunan yang digunakan untuk kepentingan lain seperti PHP untuk Web dan Java untuk multiplatform application. (iwan)

 

semangatku.com

//

About these ads

Posted on May 9, 2013, in Teknologi. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. nrfefefwj wdzjj cqezhpt ymcm bgxqhendcfobthx

Silakan tinggalkan komentar .. Kami berhak menghapus kata - kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, antar golongan, porno serta spammer, Terima kasih Kerabat Copaz Blog!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,173 other followers

%d bloggers like this: